Thursday, May 21, 2020

NOVENA ROH KUDUS

DOA NOVENA KEPADA  ROH KUDUS



Pembukaan:
Tanda Salib; Doa Tobat.

PS 565 lirik ini: 
* Datanglah hai Roh~ Pencipta, kunjungilah ji~wa kami, penu~hi~lah dengan rahmat~Mu, ha~ti ka~mi cip~taan-Mu.
*Gelar-Mu~ ialah Penghibur, rahmat Allah ma~haluhur. Sumber hi~dup, api kasih, dan pengu~rapan~ ilahi.
*Engkaulah~ sapta kurnia, jemari tangan sang Ilahi. Engkaulah-janji-sejati-Allah-Bapa, yang~ memper~ganda~kan bahasa.
*Terangi~lah akal budi, curahkanlah-cinta-di-hati; segala-ke~le~ma~han kami, s’moga-Kaulindungi-dan-Kaukuat~kan.
*Jauhkanlah-s’mua-musuh-segera, anug’rahkanlah-jiwa-damai; dengan- Engkau-s’bagai penuntun, kejahatan-tak’kan-mempe~ngaruhi.
*Perkenalkan-kami-pada~Bapa, ajarilah-mengakui-Putera, serta-Engkau, Roh-Kedua~nya, yang-kami-imani-dan-puji-selamanya.
*S’gala-kemuliaan-bagi-Allah-Bapa, dan-Putera-yang-telah-bangkit, serta~ bagi-Mu-Roh-Kudus-pula, sepanjang-se~gala-a~bad. A~min~.

DOA & RENUNGAN 

Misteri  I. Dari Roh Kuduslah Yesus dikandung oleh Perawan Suci Maria.
Renungan: “Roh kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah yang mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.” (Lukas 1:35).
Bapa kami 1x,  Salam Maria 1x, Kemuliaan 7x
DOA: Allah Roh Kudus, Engkau hadir dalam dunia, pada segala zaman dan dalam segala bangsa. Dari daya-Mu kami hidup. Kami pasrahkan diri pada bimbingan-Mu. Engkau maha agung dan mahasuci, namun toh sangat dekat dengan  kami semua. Engkau mempunyai hati bagi kami, namun Engkau lebih besar dari hati kami. Maka kami mengaku bersama rasul Paulus, ‘Kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita’. Datanglah, Roh Kudus, dan baharuilah muka bumi.


Misteri ke-2 : Roh Allah Turun Atas Yesus.
RENUNGAN : “Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air, dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya.” (Mat 3:16).
Bapa kami 1x,  Salam Maria 1x, Kemuliaan 7x
DOA : Allah, Roh Kudus, bila kami memikirkan dan membicarakan Dikau, kami senantiasa hanya meraba-raba dan mencari-cari. Manusia yang mengalami Dikau memakai lambang untuk mengungkapkan pengalamannya, seperti yang dikatakan Yesus, “Angin bertiup ke mana ia mau, dan kami mendengar bunyinya, tetapi kami tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi”. Demikian juga, tanpa Dikau kami tidak akan mengerti, siapakah Engkau. Engkau mewahyukan misteri  paling dalam dari Allah dan Yesus Kristus. Datanglah, Roh Kudus, dan baharuilah muka bumi.


Misteri ke-3: Oleh Roh Kudus, Yesus dibimbing Menuju Padang Gurun Untuk Dicobai.
RENUNGAN : ”Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun. Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis.” (Luk 4:1-2).
Bapa kami 1x,  Salam Maria 1x, Kemuliaan 7x
DOA: Allah, Roh Kudus, oleh karena Engkau, kami dapat berseru, ‘ya, Abba, ya Bapa!’ Kami menyebut Dikau sumber hidup; Engkau mendorong kami, agar bersama dengan orang lain kami melawan kekuatan maut dalam dunia ini dan memperjuangkan hidup. Kami ikuti undangan Kristus yang bangkit, ‘Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepadaKu dan minum! Dari dalam hatinya akan mengalir sungai air hidup’. Kami menyebut Dikau Kasih. Di mana pun manusia berusaha dengan nyata untuk mengasihi, di situ Engkau berkarya. Datanglah Roh Kudus, nyalakanlah dalam diri kami api cinta kasih-Mu!


Misteri ke-4:  Peranan Roh Kudus Dalam Gereja.
RENUNGAN : “Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah di mana mereka duduk... maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata... tentang perbuatan-perbuatan besar yang yang dilakukan Allah.” (Kis 2:2, 4& 11).
Bapa kami 1x,  Salam Maria 1x, Kemuliaan 7x 
DOA :  Allah, Roh Kudus, kami mengakui dan mengalami Dikau di dalam hidup keluarga kami, dalam hidup berkomunitas dan dalam Gereja. Engkau berkarya, di mana pria dan wanita mengikuti Yesus dalam menggembala dan mengajar umat-Mu, dalam pewartaan dan bantuan social. Engkau menyemangati kami untuk memberi kesaksian tentang Kristus. Engkau membantu kami untuk mewujudkan persatuan dan menghimpun kami supaya kami bisa saling menerima. Datanglah Roh Kudus, dan wajah Gereja akan menjadi baru.

Misteri ke-5 : Roh Kudus dalam Jiwa-Jiwa Orang Beriman.
RENUNGAN : ”Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu? (1Kor 6:19);  ”Janganlah padamkan Roh” (1Tes 5:19); ”Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memateraikan kamu menjelang hari penyelamatan.” (Ef 4:30). ”Sebab kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah...” (Roma 8:15-17);kejarlah kasih dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh(1Kor 12-13).. Roh  sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan2 yang tidak terucapkan. (Rom 8:26)..
Bapa kami 1x,  Salam Maria 1x, Kemuliaan 7x 
DOA :  Allah, Roh Kudus, bantulah kami dalam memperjuangkan masa depan kami masing-masing; masa depan keluarga kami; masa depan komunitas kami dan masa depan Gereja agar menjadi lebih baik. Semoga kami mau  ikut berjuang bagi masa depan  bangsa manusia dan dunia, di mana terdapat keadilan, kebebasan dan damai. Berilah agar kami berani bersama dengan semua orang yang berkehendak baik, menyiapkan jalan untuk kehadiran Allah, hari ini dan sepanjang hidup kami.  Datanglah, ya Roh Kudus dan baharuilah muka bumi. Amin


Aku Percaya : Intensi pribadi... Bapa Kami (1x); Salam Maria (1x).




DOA PENUTUP :
Allah, Bapa yang mahakuasa, kami bersyukur kepada-Mu karena Roh Kudus yang telah Kaucurahkan ke dalam hati kami. Kehardiran-Nya dalam hati kami telah membuat kami menjadi bait kehadiran-Mu sendiri, dan bersama Dia pula kami telah Kaulahirkan kembali menjadi anak-anakMu. Maka kami mau berdoa:
Ya  Penghibur dan Penolong yang diutus dalam nama Kristus. Engkaulah Roh Kebenaran yang memimpin kami kepada seluruh kebenaran. Ajarkan segala sesuatu kepada kami dan ingatkanlah kami akan firman yang telah dikatakan oleh Yesus, agar kami selalu dituntun oleh firman-Nya.
Sudilah Engkau membimbing Gereja-Mu, para pemimpin dan pembantu-pembantunya, dan berilah mereka kebijaksanaan yang sejati. Semoga karena bimbingan-MU kami semua boleh dipenuhi dan menikmati buah-buah Roh: kasih, suka-cita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri.
Sudilah Engkau membimbing umat-Mu untuk peka dan setia kepada kehendak-Mu, berani menjadi pelayan sesama, dan menjadi terang serta garam dunia.
Pimpinlah  kami dengan lembut dan ramah,  dengan cermat dan teguh; dan jadilah daya ilahi di dalam kehidupan beriman dan bermasyarakat, dan menghantar kami masuk ke dalam kemuliaan surgawi untuk berbahagia abadi bersama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.





(dari Kaplet Novena Roh Kudus & PS)
Kuta, 22 Mei 2009—Adorasi Abadi Santo FX Kuta

Novena dari rumah aja#





No comments:

Post a Comment